Tuesday, August 2, 2011

Ilmu - Petikan dari pembacaan-Maqam Ibrahim



Maqam Ibrahim adalah batu bekas telapak kaki Nabi Ibrahim ketika membangun Ka'bah. Bekas kedua telapak kaki itu dalamnya 10cm,Batu tersebut berukuran panjang 27cm dan lebar 14cm.Jarak diantara kaki kanan dan kaki kiri 1cm.

Diatas batu tersebut ,Nabi Ibrahim berdiri dan menjadikannya sebagai tangga utk membangun Kaabah.Saat ini,Maqam telah dilapis perak,tetapi bekas telapak kaki masih terlihat dengan jelas.Letaknya lebih kurang 8 meter dari Ka'bah.

Pada masa Raja Faisal ,Maqam Ibrahim dikelilingi bangunan kecil beratap yg dikurung dengan marmar seluas 130x180 cm dengan ketinggian 75cm.

Allah berfirman , "Disana terdapat tanda yang jelas ,(diantaranya) Maqam Ibrahim . Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajipan manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji keBaitullah ,yaitu bagi org-org yg mampu mengadakan perjalanan kesana.Barang siapa mengingkari (kewajipan)haji,maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya(tidak memerlukan sesuatu)dari seluruh alam ". Ali Imran 97.

Nota :Orang - orang yang mampu adalah mereka-mereka yang sangup mendapatkan perbekalan dan alat - alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalanan pun aman serta keluarga yg ditinggalkan terjamin kehidupannya.

No comments:

Post a Comment